Subscribe to this RSS feed
Menu
Kamis, 17 Januari 2019 | 9:33:22 am

Banyak Masalah Pasca Pilkades, Bawaslu NTB Bakal Sosialisasi Mekanisme Komplain

Banyak Masalah Pasca Pilkades, Bawaslu NTB Bakal Sosialisasi Mekanisme Komplain

MN, MATARAM --Penyelenggara pemilu akan memetik pelajaran terhadap terjadinya berbagai peristiwa pasca pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di beberapa wilayah NTB.

Ketua Bawaslu NTB, M. Khualid mengatakan bahwa dengan terjadi berbagai peristiwa dalam pelaksanaan pilkades akan menjadi pelajaran dalam menjalankan tugas sebagai pengawas.

"Apa yang bisa dipetik oleh penyelengra pemilu terkait beberapa peristitwa akan menjadi reperensi Bawaslu khususnya sebagai penyelenggara dalam melakukan pengawasan," ucapnya di Mataram Selasa(11/12/2018).

Menurut Khualid terjadinya berbagai peristiwa dalam pilkades itu karena tidak tersedianya ruang konplin bagi peserta untuk menyampaikan permasalahan yang di hadapi.

Karena itu lanjutnya, agar hal tersebut tidak terjadi di pelaksanaan pemilu 2019 nanti, maka sosialisasi terkait dengan mekanisme komplin harus disampaikan kepada peserta pemilu.

"Mekanisme konplin harus disampaikan apa yang menjadi hak peserta dan mengajukan keberatan kemana, itu harus disampaikan," ungkapnya.

Untuk itu dalam hal ini bukan hanya akan menjadi tugas dari penyelenggara pemilu saja akan tetapi peran serta dari peserta pemilu juga harus melakukan pendidikan politik.

Terkait dengan peristiwa yang mewarnai pemilihan kepala desa terjadi karena diduga tidak dipersiapkannya tempat mengadu atau melapor jika terjadinya dugaan pelanggaran. ---(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS
loading...