Subscribe to this RSS feed
Menu
Kamis, 17 Januari 2019 | 9:46:28 am

Bawaslu Kota Mataram Gagas Sekolah Akademi Pengawas Partisipatif

Bawaslu Kota Mataram Gagas Sekolah Akademi Pengawas Partisipatif

MN, MATARAM --Puluhan pemuda dan mahasiawa dari latar belakang berbagai organisasi ikuti sekolah akademi pengawasan pemilu partisipatif.

Lewat sekolah akademi tersebut nantinya akan dipersiapkan sebagai relawan dalam melakukan pengawasan pemilu partisipatif pada pemilu tahun 2019 mendatang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mataram, Hasan Basri mengatakan bahwa sekolah akademi dihajatkan nantinya akan menjadi keluarga besar Bawaslu Kota Mataram.

"Mengapa ini penting dilakukan karena proses kerja kepemiluan dan mensukseskan pemilu tidak hanya menajdi tugas penyelenggara pemilu tapi tugas semua masyarakat," ucapnya ketika membuka sekolah akademi yang didampingi komisioner lainnya, M.Yusril dan Dewi Asmawardhani, di Mataram, Sabtu (22/12/2018).

Selain untuk mensukseskan pemilu, menurut Hasan, juga karena luasnya Kota Mataram yang menjadi wilayah pengawasan Bawaslu Kota Mataram, namun terbatas jumlah personil.

Karena itu dengan sekolah akademi ini nantinya para pemuda dan mahasiswa diharapkan akan menjadi pengawas partisipatif.

Bawaslu sangat membutuhkan pengawas partisipatif karena dalam melakukan tugas, tidak hanya mengawasi peserta pemilu namun juga penyelenggara pemilu dan netralitas ASN serta masyarakat.

"Jumlah personil Bawaslu hingga ke kelurahan sebanyak 71 orang, maka dibutuhkan kesadaran semua untuk melakukan pengawasan partisipatif bersama sama, karena itu dilakukan sekolah akademi ini," tegasnya.

Sekolah akademi pengawas pemilu partisipatif pada pemilu 2019 ini akan digelar selama tiga hari dengan menghadirkan pengajar dari kader pengawasan Bawaslu Kota Mataram. --(mn-07)

^ KEMBALI KE ATAS
loading...